By Published On: Januari 23rd, 20180 Comments

IoT

Pengguna internet pada hari ini telah mencapai angka milyaran dan akan terus bertambah setiap harinya. Dengan adanya sistem Internet of Things (IoT), bukan hanya perangkat komunikasi dan komputer saja yang dapat terhubung ke internet, tetapi segala perangkat elektronik dapat dikendalikan melalui internet.

Nah, belum lama ini Tim SMK Telkom Purwokerto di bawah ampuan Bapak Agus Indra Cahya yang beranggotakan Ade Prasetyo, Ajeng Fitria, Alfikri Djati, Firmansyah Nuralif, Kennoldy Septian, dan Vidya Salsabila, menciptakan sebuah teknologi IoT berbasis home-connection. Teknologi ini memanfaatkan internet untuk bisa mematikan dan menyalakan lampu dari jarak jauh dengan menerjemahkan suara yang dapat kita akses dari Google menjadi sebuah perintah. Mari simak lebih dalam tentang IoT.

Pengertian IoT

Things artinya segala, semua barang fisik yang dapat di-monitor dan dikendalikan dari jarak jauh menggunakan internet adalah IoT.

Fungsi IoT

Dengan prinsip utama dari IoT yaitu sebagai sarana yang memudahkan untuk pengawasan dan pengendalian barang fisik serta memungkinkan untuk digunakan hampir pada seluruh kegiatan sehari-hari.

IoT juga sangat berguna dalam otomatisasi seluruh perangkat yang terhubung ke internet dimana konfigurasi otomatisasi tersebut dapat disesuaikan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi perangkat tersebut.

Manfaat IOT

1. Otomasi Gedung dan Perumahan

2. Monitoring Lingkungan

3. Pengelolaan Infrastruktur

4. Sensor Peralatan.

5. Bidang Kesehatan

Kini IoT telah menjadi salah satu ekstrakulikuler di SMK Telkom Purwokerto. Dengan begitu, siswa dapat mempelajari serta mengembangkan sistem yang diperkirakan akan menyeluruh pada tahun 2020 tersebut.

 

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.