By Published On: September 26th, 20180 Comments

Khilmiyah Nurhadi menyabet Juara I pada LKS (Lomba Kompetensi Siswa) mata lomba Networking Support. Selanjutnya, Khilmi akan mewakili Banyumas ke tingkat Jawa Tengah

Khilmiyah Nurhadi dari kelas XII TKJ 2 meraih titel juara pertama pada LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Kabupaten Banyumas. Lomba yang mempertemukan peserta-peserta dari jurusan TKJ ini mengusung mata lomba Networking Support. Pada tahun 2018 ini, jumlah peserta lomba mencapai 25 sekolah dari seluruh Kabupaten Banyumas.

Agenda yang dihelat Senin (24/09) ini bertempat di SMK N 1 Banyumas. Laga yang menjadi ajang unjuk kebolehan para siswa dalam membangun server dan instalasi jaringan ini akan berlanjut ke tingkat provinsi pada akhir Oktober mendatang.

Kemenangan Khilmi menandakan konsistensi SMK Telkom Purwokerto dalam menjuarai LKS, termasuk pada mata pelajaran TKJ. Khilmi sendiri mampu membawa pulang gelar juara pertama berkat latihan dan energi positif untuk mampu mengerjakan soal .

“Khilmi mencapai skor 86 dari total 100 soal. Khilmi sendiri mampu menerima materi dan mengaplikasikannya dengan baik. Secara keseluruhan, Khilmi mampu menguasai kompetensi ini 90%,” tutur Ferat Kristanto, S.Kom selaku pembimbing Khilmi. Ferat juga adalah guru, sekaligus Ketua Program Studi TKJ.

Selain memantapkan kompetensi Khilmi berdasarkan apa yang sudah diajarkan di sekolah, metode pembelajaran Khilmi menuju LKS ini adalah mengacu pada kisi-kisi yang telah diberikan penyelenggara. Siswa dituntut mampu untuk mengaplikasikan materi mata pelajaran.

“Untuk kejuaraan di LKS, bahan pembelajarannya adalah mata pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Mata pelajaran tersebut kemudian diamalkan di sini. Kalau di kelas sistematikanya masih simulasi, di lomba ini anak sudah melakukan dalam bentuk real,” jelasnya.

Kemenangan ini tentunya diperoleh dengan perjuangan dan sinkronisasi antara pembimbing dan siswa. Selain kemampuan menganalisa yang baik dari siswa, strategi yang tepat telah diterapkan oleh pembimbing. Diakui Ferat, model pengayaan diterapkan pada Khilmi selama persiapan lomba. Penguasaan Khilmi pada materi-materi yang ia serap pada saat di sekolah, ditambahkan yang tertuju pada kisi-kisi. Sekali lagi, SMK Telkom Purwokerto menujukkan performa luar biasa dalam bidang akademis.

“Target kita adalah juara 1 untuk pertandingan di tingkat provinsi besok. Strateginya, kami akan belajar dari pengalaman karena sempat maju dan mengalami juga berlaga di tingkat provinsi,” tutur Ferat mengenai rencana sekolah dalam menghadapi kompetisi yang akan datang.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.