By Published On: Oktober 4th, 20180 Comments

SMK Telkom Purwokerto menerima kehadiran perwakilan dari PMI Purwokerto untuk menjadi narasumber

PMI telah menjalin rekanan dengan SMK Telkom Purwokerto untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kali ini, tepatnya pada Rabu (03/10), pihak dari PMI memberikan presentasi dan sosialisasi terlebih dahulu di hadapan siswa-siswa.

Pada kesempatan Rabu siang, Indra dari PMI melakukan presentasi di hadapan siswa-siswa, dan beberapa guru yang turut mendampingi.

Presentasi yang diberikan bertajuk Darah Berkualitas untuk Selamatkan Sesama. Sebagai permulaan, Indra menjelaskan topik golongan darah. 

Setelah memberikan pengenalan pada sistem-sistem golongan darah, Indra melanjutkan perbincangan ke manfaat golongan darah. Disebutkannya, terdapat setidaknya empat manfaat.

“Pertama, mengecek kesehatan darah. Kedua, mengencerkan darah. Ketiga, mengecek penyakit. Keempat, meyelamatkan nyawa,” terang Indra.

Khususnya untuk manfaat kedua yang berkaitan dengan mengencerkan darah, menurut pemaparan Indra, donor darah dapat membantu meningkatkan kesehatan diri.

Darah yang dikeluarkan pada saat donor akan digantikan dengan darah yang lebih sehat oleh sum-sum tulang belakang. Dengan donor darah, darah lebih encer pula. Efek positif dari donor darah, pada akhirnya, akan membantu seseorang mengurangi penyakit.

Ketika tiba saatnya presentasi diakhiri, berbagai pertanyaan datang dari siswa maupun guru menunjukkan antusiasme dan penerimaan yang baik dari pihak sekolah.

Pertanyaan yang diberikan meliputi pola hidup sehat, informasi mengenai berbagai penyakit darah, hingga persyaratan untuk dapat ikut pada kegiatan donor.

Sebagai informasi, siswa beserta guru dan karyawan SMK Telkom Purwokerto telah berpartisipasi pada kegiatan donor darah. Pada kesempatan ini, ketika ditanya siapa-siapa saja yang berminat donor, sejumlah siswa tampak tidak ragu untuk menyatakan kesediannya.

Sementara itu, SMK Telkom Purwokerto juga mampu menunjukkan koordinasi yang baik dengan pihak PMI dalam hal memfasilitasi agenda sosialisasi maupun donor darah itu sendiri.

Pihak PMI menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik dari SMK Telkom Purwokerto untuk selalu dapat menyambut dan memberikan jalan bagi agenda sosialisasi dan partisipasi aktif pada kegiatan donor darah mereka.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.