By Published On: Agustus 22nd, 20180 Comments

Keluarga besar SMK Telkom Purwokerto menyelenggarakan Sholat Iduladha sebagai bentuk memperingati Hari Raya Idul Adha

Digelar pada Rabu (22/08) pagi, sholat digelar di halaman depan SMK Telkom Purwokerto. Acara dihadiri oleh sejumlah guru dan staf. Turut hadir sebagai koordinator perayaan Iduladha, siswa-siswa yang tergabung dalam organisasi sekolah Rohani Islam (Rohis).

Gelaran solat dimulai pada pukul 07.30 WIB. Para jemaah tampak khidmat dalam menjalani rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Iduladha.

Berlaku sebagai imam dan khotib adalah Imam Sugiarto, S.Pd.I, guru Pendidikan Agama Islam SMK Telkom Purwokerto. Dalam ceramahnya, Imam membagikan kisah mengenai asal muasal qurban, yang kemudian diperingati sebagai Idul Adha. Imam menyampaikan perintah Allah SWT terhadap Nabi Ibrahin RA. Ibrahim diminta untuk menyembelih sang putra, Ismail RA, tetapi kemudian wujud Ismail diganti menjadi kambing sebagai yang disebut qurban.

“Ibrahim menaati perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan Ismail. Ketika akan menyembelih, Ismail digantikan posisinya dengan kambing. Dari kisah ini, untuk mengikuti pengorbanan Nabi Ibrahim, kita diberitahu untuk melakukan kurban pada saat Iduladha,” papar Imam.

Jemaah di SMK Telkom Purwokerto tampak memahami bahwa kisah qurban Nabi Ibrahim dapat menjadi pelajaran sekaligus perintah untuk dilaksanakan pada Iduladha.

Agenda berlanjut ke sesi penyembelihan daging qurban. Pada kesempatan ini, SMK Telkom Purwokerto mengirimkan satu ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk qurban Iduladha 2018. Pertama, dilangsungkan penyerahan qurban oleh Isnaeni Amir Ma’ruf, S.Kom, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, pada penjagal. Kemudian, penyerahan dilakukan ke perwakilan siswa, yaitu anggota Rohis.

Sapi qurban SMK Telkom Purwokerto disembelih sekitar pukul 08.00 WIB. Dilanjutkan oleh pihak penjagal ke penyembelihan tiga kambing qurban SMK Telkom Purwokerto.

Pemotongan daging qurban kemudian dilakukan sendiri oleh panitia siswa, yaitu anggota-anggota organiasi Rohis. Tengah hari, rangkaian acara perayaan Iduladha diakhiri dengan pengemasan, serta pembagian daging qurban.

Secara keseluruhan, Iduladha 2018 dirayakan secara semarak, namun tidak mengurangi kekhusyukan keluarga SMK Telkom Purwokerto dalam memaknai qurban dalam Islam.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.