By Published On: Desember 21st, 20180 Comments

Tim SMK Telkom Purwokerto telah melaksanakan kegiatan pengantaran siswa-siswa PKL ke masing-masing tujuan. PKL (Praktik Kerja Lapangan) sendiri adalah program pembekalan bekal kerja bagi siswa kelas XI

Dalam rangka memberikan bekal kerja bagi siswa-siswanya, SMK Telkom Purwokerto melalui bidang Kurikulum menyelenggarakan program PKL (Praktik Kerja Lapangan). PKL adalah periode di mana siswa-siswa kelas XI ditempatkan di lingkungan kerja untuk memperoleh pengalaman praktik.

Periode PKL kali ini berlangsung sejak Senin (17/12) hingga Jumat (15/12). Lokasi penempatan siswa PKL beragam, mulai Purwokerto dan sekitarnya, hingga kawasan Bandung.

Setelah beberapa waktu lalu dilangsungkan Pembekalan PKL bagi para siswa (baca di sini ), kegiatan Pengantaran ke lokasi PKL juga telah dilakukan oleh tim PKL SMK Telkom Purwokerto. Secara umum, kegiatan pengantaran dilakukan pada periode Senin (17/12) sampai Rabu (19/12). Tim PKL kembali dibagi menjadi beberapa unit dengan tugas pengantaran ke lokasi-lokasi berbeda.

Kegiatan pengantaran ini diadakan bukan tanpa alasan. Kegiatan pengantaran memfasilitasi adanya serah terima resmi antara pihak sekolah dan tempat kerja yang bersangkutan. Dalam hal ini, SMK Telkom Purwokerto memastikan bahwa siswa-siswanya telah diserahkan untuk melaksanakan kegiatan PKL, sekaligus diterima oleh pihak penanggung jawab kegiatan PKL di lingkungan terkait.

Sementara itu, dari sisi siswa, kegiatan pengantaran membuktikan pihak sekolah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kegiatan PKL. Dampingan yang diberikan guru maupun pendamping menunjukkan adanya koordinasi yang bersifat suportif atas keberlangsungan PKL siswa.

Dalam kesempatan itu, kegiatan pengantaran diselenggarakan juga untuk memfasilitasi adanya penjajakan kerja sama antara kedua pihak. Dari agenda ini, siswa yang terjadwal menjalani PKL nantinya dapat sangat terbantu dengan referensi lokasi-lokasi praktik kerja. Lebih lanjut, perjanjian antara keduanya dapat bermanfaat bagi lulusan dalam hal perekrutan tenaga kerja.

Kegiatan PKL, mulai pembekalan, pengantaran hingga penyelenggaraannya dapat membawa dampak baik bagi banyak pihak, terutama SMK Telkom Purwokerto. Pengiriman siswa untuk belajar dan menjajal dunia kerja akan membentuk kesiapan diri mereka sejak dini untuk benar-benar menjalani pekerjaan dan karir selepas sekolah.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.