By Published On: Desember 6th, 20180 Comments

Ujian Akhir Semester Ganjil Berbasis Komputer 2018/2019 SMK Telkom Purwokerto telah diselenggarakan sejak Selasa (27/11) sampai dengan Kamis (06/12)

SMK Telkom Purwokerto telah sukses menyelenggarakan Ujian Akhir Semester (UAS) Berbasis Komputer. UAS untuk semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini adalah bagian dari agenda Bidang Kurikulum yang telah diselenggarakan Selasa (27/11) sampai dengan kamis (06/12).

Pelaksanaan UAS Ganjil Berbasis Komputer SMK Telkom Purwokerto telah dipersiapkan secara matang. Koordinasi perencanaan dan simulasi ujian adalah faktor pendukung tertibnya penyelenggaraan UASBK ketika ujian benar-benar dilangsungkan. Seluruh siswa kelas X sampai XII terlihat dapat menjalani ujian selama kurang lebih dua pekan ini.

Wiwid Widyantoro, S. Si, M.Pd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, memberikan keterangan mengenai keseluruhan penyelenggaraan UASBK tahun ajaran 2018/2019. Secara keseluruhan, target UASBK tercapai. Agenda dengan target keikutsertaan seluruh siswa sekolah ini terlaksana karena telah diikutinya pula ujian ini oleh siswa-siswa kelas X hingga XII.

“Secara keseluruhan, UASBK kali ini terlaksana dengan baik. Kendala, jika ada, adalah pada jaringan yang sibuk, sehingga koneksinya tidak stabil. Walaupun begitu, seperti biasa kita telah merancang antisipasi dan segala bentuk penanganan guna menjaga kondusivitas ujian,” ungkap Wiwid.

Adapun pada UASBK ini, dilakukan dua macam jenis tes dengan Computer-based test (CBT) sebagai jenis utama.

Kendala jaringan yang dirasakan mengganggu pada sejumlah siswa, salah satunya, ditangani dengan peralihan model ujian dari CBT ke PBT (Paper-based Test). Jika terjadi masalah pada satu ruangan penuh, seluruh peserta pada ruangan tersebut dialihkan ke ruang cadangan.

“Bisa dibilang kita selalu dapat sukses menggelar ujian berbasis komputer seperti ini. Lingkungan ujian kondusif dan tertib. Segala perlengkapan dan jadwal berjalan sesuai yang telah ditetapkan,” lanjutnya.

Tahun 2018 menjadi tahun kedua SMK Telkom Purwokerto mengadakan ujian dengan model utama computer-based dan bukan paper-based. Dipaparkan Wiwid pula, hal ini bertujuan untuk meraih efektivias dan efisiensi waktu, baik dari segi pelaksanaan maupun pengoreksian jawaban ujian.

Tindak lanjut dari UASBK ini adalah pengolahan data nilai siswa dari UTS lalu, ulangan-ulangan harian dan tugas sekolah, hingga UAS ini. Lebih lanjut, p andangan ke depan untuk kegiatan UASBK, disampaikan Wiwid, adalah penggunaan sistem operasi yang baru guna menunjang kelancaran jaringan komputer.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.