By Published On: November 22nd, 20180 Comments

SMK Telkom Purwokerto memang dikenal sebagai sekolah bermutu dan berprestasi. Tidak sebatas itu, SMK Telkom Purwokerto menunjukkan baktinya pada masyarakat dengan mengadakan pelatihan keahlian gratis

Pelatihan dilangsungkan pada Minggu (18/11) bertempat di laboraturium komputer SMK Telkom Purwokerto sendiri. Termasuk dalam pelatihan tersebut adalah keahlian-keahlian yang mewakili ciri masing-masing jurusan: Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Teknik Jaringan Akses (TJA).

(Mengenai kunjungan ke SMP-SMP dalam rangka SMK Telkom Berbagi dapat dibaca di sini)

Padahal, pelatihan semacam ini tidak mudah untuk ditemui, bahkan diikuti adik-adik kelas IX SMP. SMK Telkom Purwokerto menyelenggarakan pelatihan ini secara cuma-cuma guna menyambut antusiasme adik-adik kelas IX SMP, serta berperan menjadi fasilitator minat dan bakat mereka.

“Pada kesempatan ini, semangat para peserta tampak sangat tinggi. Terbukti dari banyaknya jumlah peserta maupun respon mereka selama penyampaian materi,” ujar Iis Yuliani, S.Pd., salah satu anggota bidang Hubungan Industri dan Komunikasi yang bertindak sebagai penyelenggara.

Untuk menyelenggarakan pelatihan yang diberi judul Long Course ini, penyelenggara dibantu oleh tim tutor yang berasal dari siswa kelas X dan XI SMK Telkom Purwokerto dari berbagai jurusan. Karena telah diperoleh keterwakilan, materi pada pelatihan ini juga berasal dari keahlian khas masing-masing jurusan.

“Pertama, adik-adik belajar pembuatan aplikasi Android sebagai perkenalan ke jurusan RPL. Kedua, adik-adik belajar mengenai perangkat jaringan, kayak internet, wi-fi dan sambungannya, yang jadi fokusnya TKJ. Terakhir, mereka mendalami jaringan komputer, serta sebagai hiburan mencoba alat Virtual Reality,” terang Dhea, siswi kelas XI sekaligus tim tutor dari TJA.

“Begitu dapat informasi tentang long course, aku langsung daftar karena tertarik dan nggak mau ketinggalan. Awalnya dapat kunjungan short course di SMP. Ketika ada kesempatan long course, aku minat banget buat ikut,” tutur Liliana, siswi kelas IX SMP 7 Purwokerto yang menjadi peserta pelatihan kali ini.

Long Course kesempatan pertama ini berjalan cukup sukses. Tujuan dari agenda ini dapat tercapai, yaitu membantu membimbing adik-adik kelas IX dengan lebih dini dan terperinci mengenai keahlian-keahlian yang berdasarkan implementasi IT.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.