By Published On: Agustus 16th, 20180 Comments

Keikutsertaan SMK Telkom Purwokerto dalam VIERA sebagai upaya mempersiapkan siswa-siswa tahun akhir dalam menghadapi UNBK

Sebagai bentuk antusiasme SMK Telkom Purwokerto dalam hal meningkatkan mutu pendidikan, termasuk pada subjek Bahasa Inggris, 300 siswa kelas XII dari total 12 kelas telah mengikuti VIERA (Vocational Integrated English Readiness Assessment) pada Kamis (16/08) dengan bimbingan dan fasilitasi guru dan staf.

VIERA berjalan relatif baik. Di SMK Telkom Purwokerto, VIERA yang dilangsungkan secara online dibagi menjadi tiga sesi yang diikuti masing-masing 30-an siswa peserta. Pengawasan dan penanggulangan hal-hal teknis mampu dikerjakan oleh teknisi-teknisi hebat dari sekolah.

Tofik Nurhadi, S.Pd, selaku perwakilan penyelenggara VIERA kemarin sekaligus pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, menyatakan optimismenya dalam partisipasi SMK Telkom Purwokerto dalam VIERA.

“VIERA adalah persiapan menuju diambilnya TOEIC. Harapannya, siswa-siswa yang telah mampu menyelesaikan VIERA dan TOEIC, menjadi tidak asing dan siap lebih awal untuk mengerjakan UNBK Bahasa Inggris nantinya,” papar Tofik.

Sejak kemunculannya pada tahun 2015, SMK Telkom Purwokerto selalu sukses berpartisipasi dalam penyelenggaraan VIERA. VIERA sendiri termasuk dalam English Challenge, acara dari Direktorat Pembinaan SMK Nasional yang menggantikan adanya lomba-lomba LKS (kejuruan/produktif sekolah).

Meskipun tujuannya adalah untuk menyiapkan peserta sebelum mengikuti TOEIC , VIERA tetap bersifat kompetisi.

Setidaknya, VIERA terdiri atas listening sectiongrammar section, dan reading section. Peserta yang mencapai skor sekurang-kurangnya 430 pada VIERA, akan berkesempatan melanjutkan langkahnya ke pengambilan TOEIC.

Perlu diketahui, SMK Telkom Purwokerto berhasil melampaui nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Inggris (7.0) pada Ujian Nasional 2017/2018. Langkah awal yang mantap dan terjadwal dengan rapi menjadi kunci kesuksesan SMK Telkom Purwokerto terus mencetak prestasi.

Lebih lanjut, skor tertinggi TOEIC yang dicatatkan oleh SMK Telkom Purwokerto pada tahun 2017 adalah 900 dari skor maksimum 990.

Dengan diikutinya lagi tes berbentuk VIERA, siswa-siswa pada tahun akhir mereka dibimbing dengan baik untuk dapat menghadapi Ujian Nasional dengan lancar pula.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.