By Published On: Desember 26th, 20180 Comments

Segala sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan potensi siswa akan selalu diupayakan oleh SMK Telkom Purwokerto. Penyelenggaraan Lomba Matematika antarkelas siswa kelas XII adalah salah satunya

Acara ini terselenggara dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Acara yang digelar Jumat (14/12) di ruang kelas ini diselenggarakan untuk siswa-siswa kelas XII yang tidak lama lagi akan menjalani Ujian Nasional.

Di balik tujuan kompetisi untuk mengembangkan kompetensi siswa pada mata pelaharan Matematika, agenda ini memiliki makna upaya SMK Telkom Purwokerto untuk mengadakan sebuah program yang menyenangkan bagi siswa, sekaligus mampu menunjukkan kemampuan sekolah dalam hal implementasi teknologi.

“Kita harus bisa mencari cara untuk membuat suasana belajar itu menyenangkan. Khususnya Matematika yang sering dianggap menyulitkan, pihak Kurikulum dan sekolah membantu siswa kelas XII siap UN dengan metode-metode yang fun agar mudah diterima,” papar Wiwid Widyantoro, S.Si, M.Pd. Wiwid adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, sekaligus Guru Matematika yang menjadi penyelenggara lomba antarkelas ini.

Satu hal yang unik adalah sistem pelaksanaan lomba. Peserta lomba adalah perwakilan yang berasal dari tiap kelas bawah pada kelompok belajar kelas XII. Selama pengerjaannya, perwakilan tersebut berkesempatan mendapat bantuan dari teman yang berasal dari kelas atas kelompok yang sama.

Metode seperti ini diharapkan Wiwid dan tim penyelenggara mampu membangkitkan semangat belajar siswa. Terlebih, peserta dengan skor tertinggi mendapatkan apresiasi berupa hadiah.

Adapun sistem penilaian lomba, kode jawaban yang diperoleh peserta setelah selesai mengerjakan akan dikirimkan ke alamat formulir milik penyelenggara. Lomba yang digelar pagi hingga siang hari ini seluruhnya terselenggara dengan penggunaan perangkat teknologi, mulai laptop, aplikasi dan formulir pengumpulan jawaban.

“Menyadari UN yang semakin dekat, kita tingkatkan adanya kegiatan-kegiatan yang bersifat membimbing dan memotivasi siswa. Melalui agenda ini, harapannya sekolah bisa turut mengantarkan siswa semakin mantap menatap UN,” pungkas Wiwid.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.