By Published On: September 5th, 20180 Comments

Melalui kerja sama SMK Telkom Purwokerto dengan ISH (Infomedia Solusi Humanika), alumnus SMK Telkom Purwokerto melakukan persiapan melanjutkan studi ke Jepang

Sebagai upaya mengantarkan lulusannya ke jenjang pendidikan maupun karir yang baik, SMK Telkom Purwokerto memfasilitasi alumnus untuk dapat melebarkan sayap hingga ke Negeri Sakura.

Pada tahun 2017 lalu, SMK Telkom Purwokerto resmi melakukan kerja sama dengan PT. Infomedia Solusi Humanika (ISH) dalam hal pengadaan beasiswa maupun program magang para alumni ke Jepang.

(Awal mula kerja sama antara kedua pihak bisa dibaca di sini )

Setahun berselang, Senin (03/09) pagi, sebuah kesempatan besar datang ke para alumni SMK Telkom Purwokerto yang telah bergabung dengan kelas ISH. Agenda ini mempertemukan kandidat siswa dengan penyalur bakat mereka dalam sebuah wawancara.

Tiga kandidat terpilih melakukan percobaan wawancara melalui Skype dengan penyalur bakat mereka. Wawancara ini sebagai percontohan akan hasil belajar di kelas ISH sejauh ini. Nantinya, wawancara seperti ini juga akan membantu pemetaan kelas dan kompetensi kandidat di sekolah mereka di Jepang pada waktu yang akan datang.

Kandidat diberi sejumlah pertanyaan. Pertanyaannya meliputi identitas pribadi, pendidikan, hingga ketertarikan mereka akan negara maupun budaya Jepang. Tentunya, wawancara ini dilakukan sebagian besar menggunakan Bahasa Jepang. Latihan terus menerus dan fasilitas dari sekolah akhirnya membuahkan hasil pada lancarnya kandidat berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang.

“Wawancara ini dilakukan sebagai percontohan untuk seleksi masuk ke J Kokusai Osaka. Anak-anak akan berkomunikasi dengan Nakamura-san sebagai penyalur bakat. Pertanyaannya mulai identitas diri sampai kegemaran mereka. Nanti, hasilnya akan dicocokkan dengan kondisi sekolah di Jepang,” jelas Rizal, perwakilan dari ISH yang turut berperan sebagai mentor para lulusan SMK Telkom Purwokerto.

“Tadi agak nervous, tapi tetap berusaha buat wawancara yang terbaik,” ungkap Siti, salah satu kandidat, ketika ditanya mengenai pengalamannya.

SMK Telkom Purwokerto menunjukkan kualitasnya lagi dalam mewujudkan zero jobless untuk alumnusnya, salah satunya melalui kerja sama dengan ISH seperti ini yang menjembatani kesempatan siswa dan lulusan berkarya hingga ke Jepang.

Motto “mau kuliah mudah, mau kerja tidak susah” pun nampaknya bukan hal yang sulit untuk diwujdukan, mengingat banyaknya koneksi yang terjalin antara SMK Telkom Purwokerto untuk menengembangkan kualitas peserta didik maupun jebolannya.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.