By Published On: Oktober 2nd, 20180 Comments

Salah satu upaya menuju sekolah bilingual, SMK Telkom Purwokerto telah giat memberlakukan sistem bilingual (Bahasa Indonesia dan Inggris) dalam beberapa kesempatan Kegiatan Belajar Mengajar

SMK Telkom Purwokerto telah memulai dan semakin giat dalam menyelenggarakan sistem bilingual. Menuju sekolah bilingual, SMK Telkom Purwokerto memberlakukan sistem bilingual pada beberapa kesempatan Kegiatan Belajar Mengajar.

SMK Telkom Purwokerto menggunakan sistem bilingual dalam pengajaran pada siswa-siswa di kelas. Pada rangkaian sistem bilingual ini, terdapat pula aspek-aspek yang membuatnya semakin unggul, misalnya kemampuan presentasi yang handal serta adanya sarana berbasis IT untuk mengerjakan latihan soal dan memperoleh materi.

Pada kesempatan bilingual yang telah diselenggarakan, guru-guru di SMK Telkom Purwokerto mengedepankan dua poin utama.

Pertama, adanya attractiveness. Presentasi menggunakan dua bahasa dapat disampaikan dengan lebih mengena dengan adanya permainan maupun video yang menunjang pembelajaran. Siswa dipersiapkan untuk dapat mengikuti dengan cara yang menyenangkan. Pada akhirnya, siswa dapat menguasai baik mata pelajaran maupun bahasa asing.

Poin pertama berkaitan dengan poin kedua, yang menyangkut pemahaman siswa. Menurut Ferat Kristanto, S.Kom, salah satu guru yang telah mengaplikasikan kelas bilingual, suasana belajar dengan sistem bilingual dapat berhasil jika telah terjadi interaksi antara guru dan siswa.

“Jika sudah dibantu dengan adanya hal-hal menarik seperti video dan teknologi, ukuran keberhasilan proses belajar kemudian adalah interaksi antara guru dan siswa. Proses dinilai berhasil ketika guru memberi pertanyaan dan siswa mampu merespon atau menjawab. Di SMK Telkom Purwokerto, sudah terjadi yang demikian,” papar Ferat.

Kegiatan Belajar Mengajar bilingual di SMK Telkom Purwokerto menjadi nilai positif dari salah satu sekolah telekomunikasi terbaik ini.

Komitmen sekolah untuk memberikan pengajaran pada siswa dengan kualitas terbaik salah satunya dihadirkan dengan kelas dwibahasa. Tentunya, siswa didukung kesiapan dan keahliannya dalam berbahasa antara lain dengan mengikuti kelas dua bahasa ini.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.