By Published On: Oktober 1st, 20180 Comments

Upacara bendera dalam rangka Hari Kesaktikan Pancasila dilangsungkan Senin (01/10) pagi. Upacara yang dihadiri keluarga besar SMP dan SMK Telkom Purwokerto digelar di lapangan sekolah

Upacara bendera dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan Senin (01/10) pagi. Upacara digelar di halaman SMK Telkom Purwokerto dan dihadiri oleh keluarga besar, siswa dan manajemen, SMP dan SMK Telkom Purwokerto.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Widyatmoko, S.T., M.Mt, Kepala Sekolah SMP Telkom Purwokerto. Widyatmoko mewakili kehadiran Kepala Sekolah SMK Telkom Purwokerto, Jumala, S.Kom, MM, serta turut menyampaikan pesan khusus bagi para siswa serta amanat upacara.

Dalam amanatnya, Widyatmoko menyampaikan pidato bertemakan “Terapkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari”.

“Pancasila semestinya terlepas dari diri kita karena Pancasila adalah ideologi negara. Pancasila boleh terdiri atas lima sila saja, tapi hakikatnya ia memberikan banyak makna. Perumusan Pancasila pun tidak mudah dan tidak sembarangan karena dibentuk menyangkut setiap sendi bangsa. Oleh karena itu, ada baiknya implementasi Pancasila mulai dilakukan dari lingkungan terkecil, misalnya keluarga dan sekolah, untuk menciptakan lingkungan yang nasionalis,” jelas Widyatmoko.

Dibacakan pula teks Pembukaan UUD 1945 dan ikrar Pancasila oleh panitia upacara yang merupakan siswa kelas X.

Agenda upacara dilanjutkan ke penyerahan penghargaan untuk siswa-siswa SMK Telkom Purwokerto. Sejumlah siswa berhasil mencetak prestasi membanggakan di bidang akademik dan nonakademik.

Perlu diketahui, siswa SMK Telkom baru-baru ini meraih juara pertama untuk LKS Networking, LKS Animation, LKS IT Software, dan LKS Graphic Design tingkat Banyumas, serta juara kedua untuk LKS Web Design tingkat Banyumas. Lebih lanjut, perwakilan SMK Telkom Purwokerto lolos hingga ke babak 10 besar dalam ajang Pakemas (Pemilihan Kakang Mbekayu Banyumas) 2018. Selain itu, hadiah diberikan kepada para siswa dan kelas pemenang pada rangkaian kegiatan Apresiasi Seni sekolah.

Sudah pasti SMK Telkom Purwokerto turut dan terus menguatkan karakter disiplin pada diri siswa, misalnya melalui upacara. Pemberian apresiasi bagi siswa merupakan upaya sekolah juga untuk mengantarkan mereka menjadi sosok yang makin percaya diri dan semangat berkarya.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.