By Published On: Oktober 16th, 20180 Comments

SMK Telkom Purwokerto menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Dewan Ambalan Pramuka pada Sabtu (13/10) pagi hingga sore. Pelaksanaan bertempat di halaman belakang sekoah

Mengikuti tahun ajaran baru 2018/2019, sejumlah organisasi siswa di SMK Telkom Purwokerto diketahui telah melakukan regenerasi pengurus. Termasuk pada bidang Pramuka, pemilihan calon anggota baru mulai digalakkan.

Kegiatan Pramuka yang dilakukan pada Sabtu (13/10) bertajuk Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Dewan Ambalan. Diklat yang digelar sejak pagi hingga sore di lapangan belakang sekolah ini memfasilitasi adanya pembaruan pengurus yang terdiri atas kelas XI.

Kegiatan Diklat diawali dengan apel pembukaan dan dilanjutkan dengan pembekalan materi. Agenda utama Diklat ini adalah pengambilan lencana Dewan Ambalan (secara simbolis). Meskipun telah dilakukan pada Sabtu kemarin, kelanjutan rangkaian acara masih akan berlangun sampai dengan seminggu ke depan. Pelantikan dewan ambalan yang baru dilakukan setelah rangkaian diselesaikan.

Total peserta yang mengikuti kegiatan Diklat adalah 29 orang dari kelas XI dan 34 orang dari kelas XII. Dewan Ambalan yang berasal dari kelas XII berperan sebagai kakak tingkat. Hadir pula dalam Diklat pembina bidang Pramuka, Andang Jaka, S.Pd dan Sugus Surantiono.

Diklat Pramuka bertujuan menyiapkan calon dewan ambalan yang baru, yaitu dari kelas XI. Dewan Ambalan dari kelas XII sendiri memerlukan pergantian karena akan purna tugas.

“Diklat juga tentunya bertujuan membekali calon dewan ambalan dengan pelatihan-pelatihan. Dari sini, mereka bisa memperoleh kecapakan yang dibutuhkan sebagai penerus pengurus nantinya,” kata Andang.

Diklat berlangsung baik dan lancar. Seperti yang diungkapkan Andang, baik panitia guru maupun peserta mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.