By Published On: Agustus 20th, 20180 Comments

Gerakan Literasi Siswa (GLS) adalah kegiatan yang termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Karakter di SMK Telkom Purwokerto

Dalam rangkaian penyelenggaraan mata pelajaran Pendidikan Karakter, SMK Telkom Purwokerto mengadakan Gerakan Literasi Sekolah. Pendidikan Karakter sendiri berlangsung setiap Senin, mulai pukul 07.00 sampai 07.45 WIB di masing-masing kelas.

Selain menyiapkan siswa untuk dapat memiliki 17 karakter bangsa, penyelenggaraan GLS harapannya dapat mengembangkan minat baca siswa. Lebih lanjut, GLS mampu menjaring potensi siswa dalam hal literasi/jurnalistik.

Pada pelaksanaannya, siswa diminta membaca sebuah karya tulis, baik dalam bentuk cetak maupun online, untuk kemudian dibuat rangkumannya. Rangkuman tersebut, yang merupakan hasil karya siswa, akan disalurkan kepada guru Bahasa Indonesia sebagai bentuk latihan menulis dan pembelajaran ke depannya.

Masing-masing siswa dapat menyiapkan bahan bacaan mereka sendiri secara mandiri. Di sisi lain, wali kelas juga diperkenankan menyediakan berbagai bentuk bacaan untuk dinikmati para siswa.

Herdiyanto, S.Sos.I, Wali Kelas X TKJ 3, menyatakan hal ini memang adalah tanggung jawab wali kelas untuk mendampingi dan memfasilitasi jalannya GLS. Pada pagi ini saja, inisiatifnya untuk membawa siswa-siswa belajar di luar kelas (outing), turut membuat GLS terlaksana secara menarik.

Dari siswa-siswanya sendiri, terasa sekali antusiasme mereka untuk dapat mengikuti sistematika acara. Mulai dari memilih bacaan, merangkum apa yang telah dibaca, dan lanjut memahami bahan bacaan mereka sendiri.

Suasana pembelajaran pastinya tidak hanya dihadirkan secara serius di SMK Telkom Purwokerto, tetapi juga dengan kreatif dan menyenangkan, seperti pada Gerakan Literasi Sekolah ini.

Load More Posts

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.